Efek Samping BYT Colla

Efek Samping BYT Colla – Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun sehingga membutuhkan asupan suplemen untuk mencukupinya. Apakah ada efek samping BYT Colla sebagai suplemen kolagen untuk tubuh? Artikel ini akan membahasnya.

Efek Samping BYT Colla

Efek Samping BYT Colla
Efek Samping BYT Colla

Manfaat kolagen amatlah besar bagi tubuh karena bukan hanya berguna untuk menjaga kesehatan kulit, tapi juga berhubungan dengan organ lain seperti rambut, kuku, tulang, sendi, pembuluh darah, saluran pencernaan dan juga kesehatan jantung.

Tubuh manusia memang mampu menghasilkan kolagen, namun jumlahnya akan terus menurun seiring usia yang bertambah. Mengonsumsi suplemen bisa membantu agar kulit dan organ lain tetap dalam kondisi yang sehat dan optimal.

Sekilas tentang Kolagen
Kolagen merupakan molekul protein yang menyumbangkan 30% kebutuhan protein tubuh. Fungsinya seperti perekat yang menjaga agar seluruh bagian tubuh berfungsi baik. Hasil paling nyata atas pengaruhnya adalah tampilan kulit.

Pengaruh gaya hidup yang tidak sehat, paparan polusi, sinar UV dan gizi tidak seimbang bisa memperburuk produksi kolagen dalam tubuh. Apalagi produksi optimalnya hanya sampai usia 20an tahun. Karena itu umumnya orang mulai mengonsumsi suplemen kolagen sejak usia 30 tahun.

Rendahnya kadar kolagen dalam tubuh bisa menyebabkan kulit kusam, penuaan dini, kerontokan rambut, selulit, dan berbagai keluhan lainnya. Namun yang paling terlihat memang pada kulit. Baik wajah maupun seluruh tubuh.

Adanya suplemen kolagen bisa membantu agar produksi kolagen dalam tubuh bisa meningkat dan mencukupi kebutuhan. Namun memang perlu dipikirkan adanya kemungkinan efek samping jika orang yang mengonsumsinya ternyata tidak cocok dengan suplemen tersebut.

Suplemen Kolagen
Suplemen kolagen ada yang berbentuk kapsul dan serbuk yang kemudian dilarutkan dengan air. Biasanya kedua bentuk inilah yang umum dikonsumsi orang secara rutin setiap hari sesuai dosis anjurannya. Ada yang sekali sehari tapi bisa juga dua kali sehari.

Namun juga ada yang berbentuk krim atau salep sebagai obat untuk kondisi kulit tertentu. Ada juga dalam bentuk suntik yang biayanya lebih mahal dan digunakan sebagai terapi yang dilakukan oleh ahli medis. Bentuk ini tidak bisa digunakan sembarangan tanpa pengawasan.

Efek Samping BYT Colla
Penggunaan suplemen kolagen seperti BYT Colla memang bisa membantu kebutuhan kolagen dalam tubuh. Namun tentunya ada dosis anjuran yang penting untuk diikuti agar khasiatnya lebih terasa. Menurut jurnal “Nutrients” tahun 2019 dinyatakan bahwa konsumsi 2,5 – 15 gram per hari dianggap aman,

Dosis lebih rendah terkadang dibutuhkan untuk mengobati gejala osteoarthritis seperti persendian bengkak atau nyeri. Atau dosis tinggi digunakan untuk meningkatkan kepadatan tulang dan massa otot. Namun semuanya tetap harus dalam pengawasan ahli medis. Sayangnya, pada orang tertentu, dosis normal pun mungkin saja tidak cocok sehingga timbul reaksi yang terkesan negatif. Efek samping BYT Colla yang mungkin terjadi adalah:

Bau Mulut
Umumnya suplemen kolagen memang dibuat dari sumber laut seperti ikan. Walaupun ada beberapa merek yang menggunakan sumber dari sapi. Karena itu ada keluhan bau mulut. BYT Colla juga mengambil kandungan kolagen dari ikan, namun kemudian dilengkapi dengan kandungan ekstrak buah dan lainnya.

Misalnya aneka “berry” (seperti strawberry), goji berry, pomegranate (delima). Rasa utama yang disajikan adalah strawberry. Sehingga tidak akan meninggalkan bau ikan setelah selesai mengonsumsinya. Apalagi juga bisa diminum dengan menambahkan aneka buah segar lainnya.

Hiperkalsemia (Kadar Kalsium Tinggi)
Sumber hewani seperti ikan memang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Jika seseorang sudah memiliki kadar kalsium normal (antara 8,5-10.2 mg/dL), maka ada kemungkinan kadar kalsiumnya jadi meningkat melebihi 10,2 mg/dL.

Efeknya memang terasa seperti sembelit, nyeri tulang, mual, merasa lelah dan irama jantung yang dianggap tidak normal. Karena itu memang perlu berkonsultasi dengan ahli medis untuk menghindarinya. Namun sekali lagi, kondisi demikian tidak umum.

Reaksi Alergi
Karena bahan utamanya berasal dari ikan laut, ada kemungkinan orang tertentu menjadi kambuh alerginya terhadap makanan laut (seafood). Misalnya ruam, gatal-gatal, pusing, hidung tersumbat atau juga tubuh yang bengkak.

Namun hal ini tidak banyak terjadi karena kandungan ikan laut dalam BYT Colla sudah diatur dengan baik. Meski begitu, jika reaksi alergi memang terjadi, hentikan dulu pemakaiannya sambil mengonsumsi obat anti alergi yang biasa digunakan. Atau jika reaksinya parah, segera ke dokter.

Suasana Hati yang Kacau
Meskipun tidak umum, namun kolagen bisa menyebabkan terjadinya penurunan kadar triptofan dalam tubuh. Akibatnya bisa mengakibatkan penurunan kadar serotonin sehingga muncul perasaan sedih, cemas, atau mudah marah. Jadi perlu hati-hati untuk yang memang sering gangguan mood. Namun kondisi demikian bukanlah hal yang umum. Jadi BYT Colla termasuk aman untuk dikonsumsi asalkan sesuai dengan dosis anjurannya.

Gangguan Kesehatan Ginjal
Berkaitan dengan kandungan kalsium dari ikan, kelebihan kalsium bisa menyebabkan gangguan ginjal. Meski begitu, hal ini bisa diatasi dengan minum air yang cukup. Meski tidak sama kebutuhan air pada setiap orang, usahakan agar tidak kurang dari satu liter air putih dalam sehari. Dengan begitu, kerja ginjal tidak berat dan kelebihan kalsium atau kandungan lain yang tidak digunakan oleh tubuh bisa terbuang dengan aman melalui air seni.

BYT Colla
Sebagai suplemen kolagen, BYT Colla mengandung bahan-bahan yang tinggi nutrisi sehingga baik untuk tubuh. Efek samping BYT Colla yang disebutkan di atas tidak umum terjadi tapi sudah diberikan juga cara mengatasinya.

Untuk pemesanan bisa ke Halaman Produk website bozmen.id

Leave a Comment