Macam Macam Suplemen Fitnes dan Fungsinya

Saat ini, macam-macam suplemen fitnes dan fungsinya sangat variatif, tergantung pada jenis produk. Memiliki tubuh ideal merupakan dambaan setiap orang. Selain melakukan latihan di gym secara teratur, Anda juga membutuhkan asupan suplemen yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh.

Mengkonsumsi suplemen akan membantu mempercepat proses mendapatkan tubuh ideal. Namun, sebelum membeli suplemen, sebaiknya sesuaikan dengan program fitnes yang diambil, apakah bulking atau cutting? Selain itu, pastikan tahu di tim mana Anda berdiri saat ini, surplus atau defisit?

Mengenal Perbedaan Teknik Bulking dan Cutting pada Fitnes

Mungkin masih banyak diantara Anda yang belum mengetahui tentang perbedaan bulking dan cutting pada fitnes. Berikut ini adalah perbedaan mendasar dari kedua teknik tersebut:

  1. Bulking

Tujuan utama bulking adalah menaikkan massa otot tubuh. Namun, banyak yang menyalah artikan bulking sebagai usaha menaikkan berat badan, sehingga merasa bebas untuk mengkonsumsi segala jenis makanan. Padahal, hal tersebut bukanlah pola makan sehat.

Penambahan berat badan tanpa diiringi menambah massa otot agar balance tidak akan memberikan hasil optimal. Bulking cocok untuk Anda yang belum mempunyai berat badan ideal saat menjalankan program fitnes. Namun, prioritasnya adalah menambah massa otot.

Kegagalan bulking umumnya disebabkan pola konsumsi makanan yang tidak dijaga. Sehingga berat badan mengalami kenaikan karena timbunan lemak berlebih, dan bukan massa otot. Hal ini malah bakal mempersulit proses menyingkirkan lemak nantinya.

Untuk menghindari terjadinya penimbunan lemak berlebih, maka bisa melakukan kardio lari selama program bulking. Tujuan utamanya adalah menjaga kadar lemak dengan menambah massa otot, jadi tidak perlu dilakukan secara berlebihan, yang penting konsisten.

Tips bulking sehat:

  • Mengurangi konsumsi lemak jenuh.
  • Menambah asupan konsumsi lemak tidak jenuh.
  • Prioritaskan latihan menggunakan otot besar terlebih dahulu, seperti bahu, punggung, dada, dan kaki sebelum melatih otot lainnya.
  • Istirahat cukup ( sekitar 7 hingga 8 jam sehari).
  1. Cutting

Berbeda dengan bulking, cutting pada fitnes bisa disimpulkan sebagai pengencangan otot. Ilustrasinya, misalkan jika Anda mempunyai berat badan melebihi standar, maka langkah yang perlu diambil adalah mengurangi berat badan, lalu fokus membentuk otot tubuh.

Otot pada tubuh manusia diistilahkan sebagai basah karena mengandung lemak. Apabila Anda memiliki berat di atas standar, melakukan bulking merupakan pilihan tidak tepat sebab akan memberikan efek berat badan bertambah. Sebaliknya, dianjurkan menjalankan cutting.

Cutting juga dapat disebut sebagai proses mengurangi, atau menghilangkan jumlah lemak dalam tubuh. Cara membakar lemak tentu dilakukan melalui proses metabolisme guna diolah menjadi energi. Jadi, Anda disarankan memperbanyak konsumsi makanan berprotein tinggi.

Di samping itu, mengkonsumsi lemak tak jenuh seperti ikan laut yang kaya akan omega 3, dan karbohidrat kompleks seperti roti gandum juga sangat penting. Selain itu, cutting juga harus dibarengi dengan konsumsi makanan kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan.

Tips cutting sehat:

  • Konsumsi makanan atau minuman berprotein tinggi.
  • Kurang konsumsi karbohidrat, kecuali karbohidrat kompleks.
  • Istirahat cukup.
  • Menjaga pola makan.
  • Tidak mengkonsumsi lemak jenuh.

Macam Macam Suplemen Fitnes dan Fungsinya untuk Mendukung Bulking dan Cutting

Suplemen Fitness dan Fungsinya
Suplemen Fitness dan Fungsinya

Untuk mendukung program bulking atau cutting yang sedang dijalankan agar hasilnya lebih maksimal. Selain melakukan latihan secara konsisten, Anda juga membutuhkan asupan suplemen tambahan yang tepat menyesuaikan kondisi tubuh, apakah normal, overweight, atau underweight.

Apabila Anda masih bingung dalam memilih suplemen, maka beberapa produk suplemen fitnes di bawah ini dapat dijadikan sebagai referensi:

  1. Suplemen Rekomendasi untuk Bulking

Bagi Anda yang sedang menjalankan program bulking, yakni menaikkan berat badan dengan cara menambah massa otot, maka protein shake berprotein tingg ini cocok dijadikan pilihan suplemen tambahan untuk dikonsumsi. Apalagi, harganya juga terkenal ramah di kantong.

Whey Protein terbuat dari bahan dasar susu sapi Brown Swiss dari Evolene, Switzerland sesuai nama produknya. Setelah itu, bahan baku diproses menggunakan teknologi multiphase filtrasi biology untuk mengeliminasi lemak, laktosa, dan meningkatkan protein.

Hal tersebut pula yang membuat Whey Protein lebih mudah dicerna oleh tubuh, sehingga mempercepat proses pembentukan massa otot yang solid. Untuk per serving produk Whey Protein sama dengan 25 gram protein atau setara 1 porsi dada ayam 100 gram.

Sementara itu, kandungan lemak pada Whey Protein juga sangat rendah, yaitu 1 gram dari total kalori 125 kal per sajian. Untuk masalah keamanan, maka Anda tidak perlu khawatir. Produk Whey Protein Evolene telah mendapatkan izin edar dari BPOM.

Supaya program bulking berjalan sesuai ekspektasi, jangan lupa bahwa konsumsi suplemen juga wajib dibarengi latihan fitnes secara konsisten. Perhatikan pula pola makan dan gaya hidup yang dijalankan, karena bisa memberikan efek besar terhadap keberhasilan bulking.

Manfaat Whey Protein dalam mendukung bulking:

  • Menambah berat badan melalui pembentukan massa otot.
  • Meningkatkan kekuatan dan massa jaringan otot tubuh.
  • Mempercepat penyembuhan luka atau infeksi.
  • Memperkuat sistem metabolisme tubuh.
  • Mengurangi trigliserida dan kolesterol, serta tekanan darah.

Cara mengkonsumsi Whey Protein:

  • Idealnya konsumsi Whey Protein adalah 1 – 2 sdm / 25 – 50 gram per hari.
  • Karena berbentuk suplemen bubuk, Anda dapat menambahkan Whey Protein dalam campuran minuman sehat, seperti smoothies, jus, atau yoghurt.
  • Baca anjuran pemakaian pada kemasan secara cermat.

Note: Beberapa produk suplemen lain yang direkomendasikan untuk tim surplus dalam mendukung program bulking, antara lain adalah Evo Mass dan Crevolene.

  1. Suplemen Rekomendasi untuk Cutting

Untuk tim defisit kalori atau ingin menurunkan berat badan, maka Whey Protein dari Evolene juga bisa dijadikan konsumsi suplemen harian. Namun, bagi yang sedang melakukan diet dan tidak ingin kalau otot terkikis selama diet, maka bisa dikombinasikan dengan BCAA.

Bagi yang memiliki berat badan melebihi standar, dan mendambakan bentuk tubuh dan berat badan ideal, maka Whey Protein bisa menjadi solusi menurunkan berat badan dengan cara mengurangi lemak tanpa membuat otot yang telah susah payah dibentuk terkikis.

Kombinasi Whey Protein dan BCAA dengan takaran yang tepat akan mempercepat proses mendapatkan bentuk tubuh ideal, sehingga tubuh menjadi lebih berisi dan muscular.

Apa itu BCAA?

BCAA mengandung asam amino valin, leusin, dan isoleusin. Ketiga nutrisi tersebut biasanya diperoleh dari konsumsi makanan protein tinggi, seperti susu dan produk turunannya, daging, serta kacang-kacangan, dimana semua kebutuhan tersebut bisa dipenuhi oleh Whey Protein.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi suplemen BCAA:

  • Meningkatkan massa otot, karena BCAA berperan penting dalam pengaktifan enzim yang bisa mempercepat pembentukan otot.
  • Membantu menurunkan berat badan dengan menyeimbangkan kadar gula darah dan meningkatkan pembakaran lemak.
  • Mengkonsumsi BCAA sebelum maupun setelah berolahraga akan mengurangi kram otot saat melakukan latihan berat, sehingga kerusakan otot dapat diminimalisir.

Setelah mengetahui macam-macam suplemen fitnes dan fungsinya, sekarang Anda bisa lebih mudah dalam menentukan suplemen mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh. Selain Whey Protein, Anda  juga bisa mengkonsumsi Evo Mass Evolene untuk mendukung program bulking.

Untuk pemesanan bisa ke Halaman Produk website bozmen.id

Leave a Comment