Penyebab Susah Buang Air Besar

Penyebab Susah Buang Air Besar sering sulit diketahui secara pasti. Namun, secara umum ada beberapa hal yang dapat menyebabkan susah buang air besar atau konstipasi, antara lain kehamilan, pola makan yang buruk, pengaruh obat-obatan, menunda buang air besar atau karena kondisi kesehatan tertentu.

Susah buang air besar, dalam bahasa medisnya disebut dengan konstipasi. Hal ini terjadi ketika frekuensi buang air besar berkurang. Frekuensi buang air besar sebenarnya dapat berbeda-beda pada setiap orang. Tak ada patokan baku mengenai berapa kali buang air besar yang normal dalam sehari ataupun seminggu. Sebagian orang buang air besar 1-2 kali seminggu dan beberapa orang yang lainnya ada yang bab 3 kali sehari. Namun, biasanya tak buang air besar selama tiga hari atau lebih sudah dikatakan terlalu lama. Hal karena setelah 3 hari, struktur tinja menjadi lebih keras dan tentunya akan lebih sulit untuk dikeluarkan.

 

Penyebab Susah Buang Air Besar

Penyebab Susah Buang Air Besar
Penyebab Susah Buang Air Besar

 

Penyebabnya sangat bervariasi pada tiap orang dikarenakan banyak faktor mulai dari metabolisme dan genetik. Begitu pun mengenai langkah penanganannya tergantung pada penyebab dan seberapa parah kondisi Anda. Namun, konstipasi bisa ditangani dengan cara mengubah gaya hidup, seperti berikut.

1. Cukupi kebutuhan air putih
2. Perbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, setidaknya 18-30 gram per hari. Serat bisa didapatkan dari sayuran, buah-buahan ataupun sereal.
3. Anda dapat mengonsumsi obat penghilang nyeri seperti aspirin atau parasetamol jika konstipasi sudah menimbulkan rasa yang sakit atau ketidaknyamanan. Namun, untuk anak yang usianya di bawah 16 tahun tak dianjurkan untuk mengonsumsi aspirin.
4. Saat buang air besar di toilet duduk, posisikanlah kaki di bangku rendah agar lutut berada di atas pinggang. Posisi ini dapat membuat kotoran lebih mudah keluar.
5. Lakukan olahraga. Sesederhana berlari ringan atau berjalan kaki sudah cukup, asalkan dilakukan secara rutin.
6. Jangan menunda buang air besar saat merasa butuh atau mendesak untuk melakukannya.
Itulah beberapa penyebabnya dan cara menanganinya. Semoga bermanfaat.

Untuk pemesanan bisa ke Halaman Produk website bozmen.id

Leave a Comment