Suplemen Fitness untuk Pemula

Memilih suplemen fitness untuk pemula harus berhati-hati karena ini akan berhubungan langsung dengan kesehatan. Selain itu, suplemen pulalah yang nanti akan menunjang latihan. Sebenarnya kalau untuk pemula, sebaiknya ikuti saran yang diberikan oleh pelatih supaya lebih aman.

Karena yang namanya pelatih pasti pengalamannya sudah banyak dan sebelum memberikan saran juga sudah punya pertimbangan tersendiri. Namun untuk menambah pengetahuan, suplemen fitness itu ada macamnya loh. Berikut daftarnya.

Jenis Suplemen Fitness untuk Pemula yang Wajib Diketahui

  1. Suplemen Pre Workout dan Suplemen Post Workout

Pertama, ada suplemen pre workout dan suplemen post workout. Untuk suplemen pre workout ialah suplemen yang dikonsumsi sebelum Anda melaksanakan latihan otot. Sedangkan suplemen post workout adalah suplemen yang dikonsumsi setelah latihan otot dilakukan.

Suplemen pre workout sendiri mempunyai banyak fungsi. Diantaranya ialah untuk membakar lemak tubuh secara lebih maksimal, merangsang pertumbuhan otot, meningkatkan kekuatan serta menambah daya tahan dan energi tubuh.

Selain itu, suplemen pre workout juga membantu menambah performa serta kualitas latihan. Sedangkan untuk suplemen post workout memiliki fungsi yang cukup berbeda. Yakni untuk membantu proses perbaikan otot yang rusak atau cedera setelah latihan.

  1. Suplemen Fat Burner

Sesuai dengan namanya, suplemen fat burner ialah suplemen yang fungsinya untuk membantu membakar lemak di dalam tubuh. Suplemen ini akan bekerja dengan cara memacu tubuh supaya lemak yang ada dipakai sebagai sumber energi.

Berdasarkan keterangan tersebut, suplemen ini cocok untuk Anda yang ingin memangkas lemak berlebih dalam tubuh. Akan tetapi, penggunaan suplemen saja tidak cukup karena masih harus diimbangi dengan latihan yang mempunyai banyak gerakan.

Latihan ini dimaksudkan agar proses pembakaran lemak dalam tubuh bisa berlangsung lebih cepat. Pastinya, kombinasi latihan dengan suplemen fat burner ini cocok untuk Anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan atau fat loss.

  1. Suplemen Gainer

Kalau suplemen fat burner cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, maka suplemen fat gainer ini sebaliknya. Ini adalah suplemen yang cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang badannya kurus dan memiliki niat untuk menambah berat badan sekaligus massa otot.

Untuk mendukung fungsi tersebut, suplemen gainer memang sengaja dirancang untuk memicu bertambahnya berat badan dari bertambahnya massa otot. Oleh sebab itu, tidak heran bila di dalamnya terdapat kandung protein dan kalori yang tinggi di dalamnya.

Namun sama seperti suplemen fat burner, supaya suplemen gainer ini bisa bekerja dengan baik dan hasilnya juga bisa segera terlihat, maka Anda harus mengimbanginya dengan latihan beban berat supaya sel otot terangsang untuk tumbuh.

Tambahan informasi lagi, suplemen yang satu ini ada dua macam, yaitu weight gainer low carb dan weight gainer high carb. Jenis manakah yang cocok untuk Anda? Kalau soal ini silahkan konsultasikan saja dengan pelatih ya.

  1. Suplemen Casein

Suplemen satu ini adalah suplemen susu yang sifatnya lambat diserap oleh tubuh. Penyerapan suplemen ini akan berlangsung secara bertahap dengan lama waktu yang diperlukan sekitar 5 jam hingga 7 jam supaya suplemen tercerna dengan sempurna.

Suplemen ini adalah pilihan yang bagus untuk Anda yang ingin memperoleh asupan asam amino secara berkelanjutan dalam waktu yang lumayan lama.

  1. Suplemen Whey Protein

Ini adalah suplemen susu yang merupakan kebalikan dari suplemen casein. Dengan kata lain, suplemen whey protein akan mudah diserap oleh tubuh. Suplemen ini adalah pilihan yang bagus untuk And ayang tengah dalam program diet.

Sesuai namanya, suplemen ini akan membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh. Namun selain itu, suplemen ini juga akan membantu pembentukan otot serta menambah energi yang pastinya harus dikombinasikan dengan program latihan intensif.

Akan tetapi kalau Anda alergi dengan suplemen ini, bisa konsumsi makanan dengan kadar protein tinggi lainnya seperti susu sapi, kacang-kacangan, daging merah, ikan dan dada ayam.

  1. Creatine

Kalau suplemen ini sebenarnya lebih pas untuk Anda yang pemula, namun juga yang tidak melaksanakan program diet. Walaupun demikian, kandungan suplemen ini tetap akan membantu menambah tenaga sekaligus meningkatkan massa otot agar bisa melaksanakan latihan secara rutin.

  1. Suplemen Kafein

Sebenarnya kalau kandungan kafein sendiri sudah bisa ditemukan pada suplemen pre workout dan suplemen fat burner. Suplemen ini cukup penting karena kandungan kafein dapat membantu meningkatkan daya fokus dan konsentrasi selama latihan.

Selain itu, suplemen dengan kandungan kafein juga akan membantu mengurangi gejala letih, membantu mengurangi gejala lesu, membantu meningkatkan pembakaran lemak sekaligus kinerja fisik serta membantu memaksimalkan daya tahan tubuh.

  1. Suplemen BCAA

Suplemen BCAA atau Branched-Chain Amino Acid merupakan suplemen yang di dalamnya terdapat tiga kandungan asam amino esensial yakni valin, isoleusin dan leusin. Ketiga asam amino ini umumnya dapat diperoleh dari makanan sumber protein seperti susu, kacang-kacangan dan daging.

Suplemen ini akan membantu meningkatkan performa Anda saat melakukan olahraga dan akan membantu membentuk otot. Suplemen ini sekaligus akan menghindarkan Anda dari terjadinya penyusutan otot sehingga massa otot tetap stabil.

Berdasarkan penelitian, BCAA akan mengaktifkan enzim yang berperan dalam hal pembentukan otot. Adapun manfaat suplemen BCAA lainnya ialah mengurangi nyeri otot setelah melakukan olahraga dan membantu menurunkan berat badan.

Cara Memilih Suplemen Fitness untuk Pemula

Suplemen Fitness Untuk Pemula
Suplemen Fitness Untuk Pemula

Memilih suplemen fitness hendaknya disesuaikan dengan manfaat yang ingin didapatkan serta tujuan yang ingin dicapai agar bentuk otot dan hasil latihan bisa lebih maksimal. Untuk pemula, berikut cara memilih suplemen fitness yang perlu diperhatikan.

  1. Pilih Sesuai Manfaat dan Tujuan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, pemilihan suplemen fitness ini hendaknya disesuaikan dengan manfaat serta tujuan yang diinginkan setelah mengkonsumsinya. Karena dengan demikian, Anda bisa lebih mudah menentukan kira-kira suplemen apa yang cocok untuk dipilih.

Misalnya, Anda ingin membentuk otot dan ingin supaya otot tersebut tetap terjaga tanpa mengalami penyusutan, maka suplemen yang bisa dipilih adalah BCAA. Begitu pula dengan keinginan yang lainnya.

  1. Pilih yang Sesuai Kandungan Dosis yang Diperlukan

Harap diingat ya, suplemen itu bukan pengganti makanan utama. Suplemen adalah bahan tambahan yang diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi sehingga yang hendaknya dipilih sebaiknya adalah suplemen yang kandungan dosisnya sesuai dengan yang Anda perlukan.

  1. Pilih Suplemen yang Telah Terpercaya dan Terbukti Aman dan Zat Berbahaya

Memilih suplemen yang terpercaya serta bebas dari zat yang berbahaya adalah sebuah keharusan. Sebab kalau tidak, kesehatan juga yang akan terpengaruh nantinya. Selain itu, baiknya pastikan juga bahwa suplemen tersebut terbukti memiliki khasiat yang baik.

Tidak ada salahnya juga bila Anda lebih memilih suplemen yang sudah digunakan oleh banyak orang. Karena suplemen yang seperti ini umumnya sudah pasti terpercaya, aman dan khasiatnya benar-benar nyata.

Untuk menemukan suplemen yang seperti ini, Anda bisa mencari referensi dari ahli kesehatan atau bisa juga pada pelatih fitness. Jangan lupa untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsanya juga ya sebelum membelinya.

Pada intinya, suplemen itu penting untuk menunjang latihan dan olahraga. Namun, pemilihan suplemen fitness untuk pemula sebaiknya perhatikan saran dari pelatih dan ahli kesehatan dulu ya. Lalu saat membeli nanti, pastikan hanya memilih produk yang kemasan dan segelnya tidak rusak.

Untuk pemesanan bisa ke Halaman Produk website bozmen.id

Leave a Comment